Setiap Daerah Pasti Mempunyai Cerita Tersendiri Dalam Pemilihan Nama

Setiap Daerah Pasti Mempunyai Cerita Tersendiri Dalam Pemilihan Nama – 4 Contoh teks dan struktur naratif sejarah yang baik dan akurat, dari Lautan Api Bandung hingga Candi Borobudur!

Selain peristiwa Bandung Lautan Api, tahukah Anda apa saja contoh teks cerita sejarah lainnya yang juga memiliki nilai penting dan dapat memberi kita semua pelajaran? Yuk simak selengkapnya di artikel ini!

Setiap Daerah Pasti Mempunyai Cerita Tersendiri Dalam Pemilihan Nama

Setiap Daerah Pasti Mempunyai Cerita Tersendiri Dalam Pemilihan Nama

Jika masih bingung, simak makna teks cerita sejarah dan contoh teks sejarah di bawah ini, oke!

Pedoman Pengumpulan Sumber Sejarah

Teks naratif sejarah adalah teks yang menjelaskan dan menceritakan fakta dan peristiwa masa lalu yang menjadi dasar munculnya sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

Teks memiliki deskripsi singkat tentang kehidupan, perjuangan, peristiwa dan hal-hal lain yang tertulis dalam teks.

Pada bagian ini, pengarang mengungkapkan pandangan-pandangannya, baik berupa penjelasan, ajakan, dan lain-lain, yang masih berkaitan dengan cerita sejarah.

Pada bulan April 1946, dalam waktu 7 jam, sekitar 200.000 penduduk membuat sejarah dengan harta benda mereka dan meninggalkan kota menuju pegunungan di selatan.

Psikologi Indonesia (volume 2, No. 2, April 2021)

Setelah proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Indonesia masih belum merdeka sepenuhnya. Kemerdekaan ini harus dicapai sedikit demi sedikit dengan perjuangan rakyat yang siap mengorbankan segalanya.

Ultiatunya sedemikian rupa sehingga tentara Republik Indonesia (RI) segera meninggalkan kota dan rakyat, lalu membuat kebijakan yang membara. Rakyat tidak ingin Bandung dimanfaatkan oleh musuh.

Melarikan diri ke selatan bersama para prajurit. Keputusan untuk membakar Bandung dibuat pada tanggal 24 April 1946 oleh Majelis Perjuangan Priangan (P3) di depan semua kekuatan tempur.

Setiap Daerah Pasti Mempunyai Cerita Tersendiri Dalam Pemilihan Nama

Kolonel A. Sebagai komandan divisi, Nasution memerintahkan masyarakat untuk meninggalkan Bandung. Pada hari yang sama, sekelompok besar warga Bandung meninggalkan kota.

Sejarah Pergerakan Buruh Indonesia

Bandung sengaja dibakar oleh TRI dan rakyat, agar sekutu tidak bisa menggunakannya lagi. Banyak asap hitam mengepul di udara.

Segenap kekuatan hati, oleh karena itu, Inggris mulai menyerang, sehingga terjadilah pertempuran yang sengit. Pertempuran paling menarik, ada pabrik senjata Uni Soviet. TRI berniat menghancurkan gudang tersebut.

Untuk alasan ini, mereka mengirim Uhad Tokha dan seorang pemuda bernama Radan. Dua anak laki-laki berhasil meledakkan gudang dengan granat tangan. Sebuah gudang besar meledak dan terbakar di dalamnya.

Sejak itu, sekitar pukul 24.00 Bandung Selatan sepi dari warga dan TRI. Namun api kasih sayang membakar kota dan Bandung berubah menjadi lautan api.

Contoh Teks Sejarah Bahasa Indobesia

Burning adalah langkah yang tepat, karena kekuatan TRI dan rakyat tidak akan terhimpit terhadap musuh yang kekuatannya lebih besar. Selain itu, TRI bersama masyarakat dari luar kota Bandung melakukan perlawanan gerilya.

Baca Juga :  Berterima kasih kepada Tuhan atas karunia yang telah diberikan adalah?

Istilah Bandung Lautan Api pertama kali dicetuskan oleh wartawan Atje Bastaan, di mana ia menyaksikan pemandangan Bandung yang terbakar dari perbukitan Gunung Leutik dekat Paeungpeuk, Garut. Dari atas, ia melihat Bandung membentang dari Cicadas hingga Siindi.

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang berasal dari Indonesia dan merupakan monumen Buddha terbesar di dunia.

Setiap Daerah Pasti Mempunyai Cerita Tersendiri Dalam Pemilihan Nama

UNESCO mengakui candi Borobudur sebagai salah satu candi Budha terbesar di Indonesia dan dunia dan membuktikan kehebatannya.

Menemukan Kembali Indonesia: Memahami Empat Puluh Tahun Kekerasan Demi Memutus Rantai Impunitas By Tifa Foundation

60 ribu meter kubik eter vulkanik yang digunakan untuk pembangunan candi ini diambil dari sungai Elo dan Progo yang terletak 2 km sebelah timur candi.

Padahal, satuan panjang yang digunakan dalam pembangunan candi adalah satuan yang dihitung dengan cara meregangkan ibu jari dan jari tengah.

Setiap daerah pasti memiliki sejarah tersendiri dalam pemilihan ini, seperti halnya kota Surabaya. Sedikitnya ada tiga kisah tentang asal-usul Surabaya.

Pernyataan pertama mengatakan bahwa Surabaya awalnya Churabaya, sebuah desa tepat di tepi Sungai Brantas. Informasi paling awal ditemukan pada prasasti Troulan I tahun 1358 M.

Latihan Soal Sekolah Online Ruangguru Kelas 10 12 Sma Ips Periode 13 17 April 2020

Naa Surabaya juga tercantum dalam Pujasastra Negara Kertagaa yang ditulis oleh Pu Prapanka. Dalam artikel itu, Surabaya (Surabhaya) disebutkan dalam pujasastra tentang ekspedisi 1365 oleh Haya Vuruk, raja Ajapahit.

Namun, menurut para ahli, Surabaya sendiri sudah ada pada tahun-tahun sebelum prasasti ini ditulis. Peneliti Belanda G. Von Faber dalam karyanya En Werd Een Stad Geboren berhipotesis bahwa Surabaya didirikan oleh Raja Kertanegara pada tahun 1275 sebagai pemukiman baru bagi prajuritnya yang berhasil menumpas Pemberontakan Keuruhan pada tahun 1270.

Versi selanjutnya, naa Surabaya, erat kaitannya dengan kisah pertarungan hidup dan hati antara Adipati Jaengrono dan Savunggaling. Konon setelah mengalahkan tentara Tartar (Angol), Raden Vijaya yang merupakan raja pertama Ajapahit, membangun sebuah istana di Ujung Galuh, yang sekarang menjadi daerah pelabuhan Tanjung Perak, dan mengangkat Adipati Jaengrono untuk memerintah. daerah.

Setiap Daerah Pasti Mempunyai Cerita Tersendiri Dalam Pemilihan Nama

Nah, Jayengrono menjadi lebih kuat dan lebih mandiri saat dia mengendalikan buaya untuk mengancam kedaulatan ajapahit. Untuk menangkap Jayengron, Sawunggaling dikirim untuk menguasai Ilu Sura.

Pura Tirta Empul

Sebuah pertempuran magis terjadi di tepi Sungai Kalias dekat Panele. Pertarungan berlangsung selama tujuh hari dan berakhir tragis. Karena mereka berdua meninggal.

Baca Juga :  Cabangilmu ekonomi yang mempelajari segala sesuatu mengenai hubungan ekonomi antarnegara disebut?

Dalam versi lain, kata Surabaya berasal dari pertempuran antara ikan Sura (Sura) dan Boyo (Baya atau buaya) dan melambangkan pertarungan antara darat dan laut. Gambar perkelahian itu ditemukan dalam kitab Suro dan Boyo.

Pada tahun 1975, Walikota Surabaya R. Soeparno menetapkan tanggal 31 Mei 1293 sebagai hari jadi kota Surabaya. Artinya pada tahun 2005, Surabaya berusia 712 tahun. Keputusan ini didasarkan pada konsensus sekelompok sejarawan yang dibentuk oleh pemerintah kota bahwa naa Surabaya berasal dari kata sura ing bhaya, yang berarti keberanian untuk menghadapi bahaya.

Semua informasi tentang asal usul nama kota tersebut sebagian dikonfirmasi dengan adanya artefak sebagai bukti asli. Namun tidak menutup kemungkinan asal usul tersebut hanyalah sebuah cerita yang berkembang di masyarakat secara turun temurun dan diwariskan kepada masyarakat umum, yang notabene akan menjadi mitos.

Contoh Teks Cerita Sejarah Beserta Strukturnya Yang Baik Dan Benar, Dari Bandung Lautan Api Hingga Candi Borobudur!

Jenderal Raden Sudirman adalah seorang perwira tinggi Indonesia selama Revolusi Nasional Indonesia. Sebagai Panglima TNI pertama, beliau adalah orang yang disegani di Indonesia.

Semasa SMA, Soedirman menunjukkan kompetensinya di bidang politik dan organisasi dan disegani masyarakat atas pengabdiannya pada Islam. Setelah meninggalkan studi mengajar, ia bekerja sebagai guru pada tahun 1936, dan kemudian menjadi kepala sekolah dasar Ukhadia; Ia juga aktif dalam kegiatan Uhaadiyah lainnya dan pada tahun 1937 menjadi ketua kelompok Uhaadiyah Peuda.

Setelah Jepang menduduki Hindia Belanda pada tahun 1942, Soedirman terus mengajar. Pada tahun 1944, ia bergabung dengan jajaran Tentara Pertahanan Tanah Air (PETA) yang disponsori Jepang dan menjadi komandan batalyon di Banyuas. Selama masa jabatannya, Soedirman dan kawan-kawan memberontak, tetapi kemudian diasingkan ke Bogor.

Setiap Daerah Pasti Mempunyai Cerita Tersendiri Dalam Pemilihan Nama

Setelah Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, Soedirman melarikan diri dari tahanan dan kemudian pergi ke Jakarta untuk bertemu dengan Presiden Soekarno. Dia ditugaskan untuk mengawasi penyerahan pasukan Jepang di Banyuas, yang dia lakukan setelah pembentukan divisi lokal Badan Keamanan Rakyat. Kemudian, pada tanggal 20 Oktober, pasukannya dimasukkan ke dalam divisi V oleh komandan sementara Oerip Soeoharjo, dan Soedirman memimpin divisi tersebut. Pada tanggal 12 November 1945, Soedirman terpilih sebagai Panglima di Yogyakarta dalam pemilihan untuk menentukan Panglima TKR. .

Temukan Gagasan Pokok Dan Konjungsi Yang Digunakan‚Äč

Pada tanggal 19 Desember 1948, beberapa hari setelah Soedirman keluar dari rumah sakit, Belanda melancarkan serangan militer kedua untuk menduduki Yogyakarta. Ketika Belanda mulai mundur, Soedirman dipanggil ke Yogyakarta pada Juli 1949. Meski ingin melanjutkan perlawanan terhadap pasukan Belanda, Presiden Soekarno melarangnya. TBCnya kambuh; Ia pensiun dan pindah ke Agelang. Soedirman meninggal sekitar sebulan setelah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia. Bertempat di Taan alias Hero Seaki, Yogyakarta.

Baca Juga :  Berikut Ini yang membedakan penduduk dan bukan penduduk adalah?

Meninggalnya Sodiran merupakan duka bagi seluruh rakyat Indonesia. Bendera setengah tiang dikibarkan dan ribuan orang berkumpul untuk menyaksikan upacara pekaani. Orang Indonesia menghormati Sudirman seperti dulu.

4 Sebutkan contoh teks dan struktur cerita sejarah yang baik dan akurat dari Lautan Api Bandung hingga Candi Borobudur! sebelumnya ditampilkan di 99 Property News. Teks naratif sejarah adalah teks yang berisi penjelasan tentang asal usul sesuatu yang memiliki nilai sejarah untuk peristiwa masa lalu. Teks cerita sejarah disajikan berdasarkan kronologi waktu, yang menggambarkan rangkaian peristiwa kehidupan nyata.

Struktur teks cerita sejarah terdiri dari pendahuluan atau arah, peristiwa atau isi, dan penutup atau revisi, yang diambil dari Teks Kajian Struktur dan Bahasa karya Tawfiqur Rahmon.

Pewara Dinamika Februari Maret 2021 By Universitas Negeri Yogyakarta

Sedangkan kaidah kebahasaan teks naratif sejarah meliputi penggunaan bentuk lampau yang merujuk pada terjadinya peristiwa. Teks naratif sejarah juga menggunakan konjungsi untuk mengorganisir peristiwa, seperti “dan”, “tetapi”, “maka”, dll.

Setiap daerah dalam memilih nama pasti memiliki sejarahnya masing-masing, misalnya kota Surabaya. Setidaknya ada tiga akun tentang asal muasal nama Surabaya.

Deskripsi pertama menyebutkan bahwa nama Surabaya pada awalnya adalah Churabaya, sebuah desa tempat Anda menyeberangi Sungai Brantas. Informasi paling awal ditemukan pada prasasti Troulan I tahun 1358 M.

Setiap Daerah Pasti Mempunyai Cerita Tersendiri Dalam Pemilihan Nama

Nama Surabaya juga disebutkan dalam Pujasastra Negara Kertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca. Dalam prasasti itu, Surabaya (Surabhaya) tercatat dalam pujasastra tentang pelayaran pada tahun 1365 oleh Hayyam Vuruk, raja Majapahit.

Majalah Visi Edisi 37

Namun, menurut para ahli, Surabaya sendiri sudah ada pada tahun-tahun sebelum prasasti ini ditulis. Peneliti Belanda G. Von Faber dalam karyanya En Werd Een Stad Geboren berhipotesis bahwa Surabaya didirikan oleh Raja Kertanegara pada tahun 1275 sebagai pemukiman baru bagi pasukannya yang berhasil menumpas Pemberontakan Kemuruhan pada tahun 1270 M.

Versi selanjutnya, nama Surabaya erat kaitannya dengan kisah perjuangan hidup mati antara Adipati Jaengrono dan Savunggaling. Konon setelah mengalahkan tentara Tartar (Mongol), Raden Wijaya yang merupakan raja pertama Majapahit mendirikan istana di Ujung Galuh, sekarang menjadi daerah pelabuhan Tanjung Perak, dan menempatkan Adipati Jaengrono sebagai penanggung jawab daerah tersebut. .

Seiring waktu, Jayengrono menjadi lebih kuat dan mandiri karena ia menguasai ilmu buaya, mengancam kedaulatan Majapahit. Untuk menaklukkan Jayengron, dikirimlah Sawunggaling yang telah menguasai ilmu Sura.

Untuk melawan

Konsolidasi Industri Konstruksi Indonesia

Tinggalkan komentar